RSS

Study in Canada

17 Nov

 

Hi all,

Sorry baru bisa update berita nih.

Oiya baru – baru ini kedutaan Canada dan CEI (Canadian Education International) Indonesia menyelenggarakan pameran pendidikan Kanada di 2 kota besar yaitu Surabaya dan Jakarta pada tanggal 12 – 13 November 2011.

Sekitar 14 institusi pendidikan dari Kanada baik itu College maupun University ikut berpartisipasi di acara ini. Kalau dari sudut pandang saya sih acara ini berjalan bagus dan informative banget, cuma saya karena pas musim ujan jadi ga serame tahun – tahun sebelumnya hehehehe.

Nah buat temen – temen yang sudah hadir, saya yakin banyak banget informasi yang bisa di dapat dari event ini. Tapi bagi temen – temen yang ga sempet hadir yah sayang banget, cuma tenang aja saya pasti akan tetep update dan share info mengenai kuliah ke Kanada, dll. Yah itung – itung bagi ilmu dan siapa tau bisa ngerubah nasib hahahhahahaha.

Oiya sekedar ingetin, untuk intake penerimaan perkuliahan di Kanada itu September 2012 dan dateline untuk International Student melakukan pendaftaran itu sampai bulan April 2012.  Jadi kalau kalian emang minat terusin pendidikan di Kanada, buruan deh siapan persyaratan – persyaratan yang dibutuhkan dan segera lakukan pendaftaran.

Hmmmmm…….Kalau temen – temen mau tanya jawab mengenai kuliah di Kanada, silahkan add SKYPE :Rhavies atau YM:xapi_aer (Hehehhe harus dibikin unik maklum masa muda dulu).

 

Cheers,

Reza

Quote of the day: John Lennon ‘”You may say I’m a dreamer but I’m not the only one”

 

 

11 responses to “Study in Canada

  1. thehananto2001

    January 30, 2012 at 11:21 am

    Mas Reza,
    saya adalah karyawan swasta yang sudah bekerja lebih dari 10 th dengan bidang keahlian engineering. saya ingin menambah wawasan dan kepercayaan diri saya dengan pengalaman kuliah/kursus/bekerja atau apapun di luar negeri. dan sari cerita mas reza, Canada termasuk murah dari segi biaya kuliah dan sekolah.

    Mohon diberikan arahan kepada saya bagaimana langkah2 yang harus saya tempuh agar saya bisa ke luar negeri.

    salam

     
    • kuliah dan Kehidupan di Kanada

      January 31, 2012 at 2:54 am

      Mas Hananto,

      Untuk bekerja di Kanada itu susah2 gampang mas, tapi kalau dari Indonesia terus mau langsung kerja disana itu susah pastinya.
      Nah saran saya kalau mas memang berminat cari kerja di Kanada, lebih baik diawali dari belajar disana. Karena dari jalur pendidikan nantinya mas bisa lebih cepat cari kerja disana dan juga sesuai dengan kebijakan pemerintah Kanada sebagai pelajar International mas nanti berhak merubah visa belajar mas menjadi visa kerja disesuaikan dengan durasi mas belajar di Kanada.

      Sebagai contoh jika mas belajar 1 thn mas akan dapat visa kerja 1 thn extra setelah kelulusan, kalau masa pendidikan mas 2 -3 thn maka mas akan mendapatkan visa kerja 2 – 3 thn extra setelah kelulusan.

      Jika mas memang tertarik untuk kuliah/belajar di Kanada, mas bisa cek http://www.aucc.ca atau http://www.ontariocolleges.ca untuk referensi pencarian jurusan dan institutsi pendidikan di Kanada.

      Kalau mas butuh info lainnya silahkan drop comment lagi, oiya mohon di rate ya blog saya.

      Rgds,
      Reza

       
  2. ibu rahma

    February 1, 2012 at 6:07 am

    Dear mas Reza
    saya ibu rahma, dosen PNS di salah satu PTN di sulawesi, sejak tahun 2010 sy sudah ajukan proposal research phd ke salah seorang prof di carleton university, dan sudah disetujui proposalnya dan dia bersedia jadi suvervisor saya, dan telah memberikan surat rekomendasi.Masalahnya, saya belum mendapatkan lembaga beasiswa independent untuk tujuan sekolah ke canada.dulu ada beasiswa CIDA ke canada untuk dosen PTN, tetapi projectnya sudah selesai, sebenarnya ada beasiswa dikti luar negeri, tapi krn satu dan lain hal maka saya tidak berniat untuk mengapply, nah bisakah mas reza berikan linknya untuk jalur beasiswa ke kanada untuk phd? kayak fullbright ke USA, ADS/ALA ke aussie, stuned ke belanda…

    kalo boleh saya minta alamat emailnya mas reza untuk korespondensi

    thank u in advance
    best regards

    Ibu rahma

     
    • kuliah dan Kehidupan di Kanada

      February 7, 2012 at 2:09 am

      Dear Ibu Rahma,

      Terima kasih sudah drop comment ke blog saya & maaf baru sempat reply.

      Kalau untuk beasiswa ke Kanada coba ibu buka website Carleton dan browsing di bagian Bursary&Scholarship mudah2an ada beasiswa yang tersedia.
      Referensi lain di : http://www.aucc.ca atau http://www.macleans.ca
      Coba cari beasiswa untuk International Student.

      Sayangnya untuk beasiswa dari pemerintah Kanada agak seret tahun ini jadi saya ga bisa rekomendasikan.

      Nah untuk korespondensi Ibu bisa email saya di reza.canadianeducation@gmail.com

      Semoga membantu.

      Wassalam,
      Reza Havies

       
  3. sigit

    June 7, 2012 at 7:20 am

    Hello semua..
    saya pingin tanya, saya mendapatkan pendidikan saya dibidang computer engineering dari master hingga doktoral di Perancis, sementara istri saya memiliki gelar master dibidang keuangan dari Australia. Krisis Eropa yg sangat parah memaksa kami untuk angkat kaki dari benua ini. Saya rencananya ingin cari pengalaman dan menabung dulu sebelum pulang ke Indonesia karena kami baru menikah dan memiliki bayi kecil.

    Bagaimanakah kondisi di Kanada sekarang ? apakah krisis ekonomi juga mempengaruhi semua sektor terutama sektor Hitech ? saya denger di Kanada banyak sekali imigran berkualifikasi tinggi yang terpaksa menjadi pekerja blue collar.

    Untuk mendapatkan PR, apakah mahal dan sulit ? Bagaimana kesempatan untuk berwirausaha disana ?

    Terimakasih.

     
    • kuliah dan Kehidupan di Kanada

      June 13, 2012 at 4:00 am

      Hi Mas Sigit,

      1. Kondisi di Kanada sih masih cukup kondusif, tp yang namanya krisis ekonomi ya tetep aja ga bisa di hindari.
      Tp kalau dari sektor Hitech sih tidak terlalu ada masalah, karena berita terakhir yang saya tahu justru dari
      sektor Hitech mereka yang paling banyak serap tenaga kerja starting 2010 hingga saat ini (berdasar survey
      pemerintah), plus per 2010 – 2011 perusahaan Hitech Kanada maupun PMA mereka juga membuka semacam daerah
      khusus hitch di province British Columbia (mencoba untuk menyamakan dengan Silicon Valley, US). Itu sih
      berita yang saya tahu Mas, kalau mau detail mungkin bisa browse di google.

      2. Untuk masalah PR, gampang2 sulit karena Kanada saat ini adalah negara terbesar sebagai tujuan imigran
      untuk memulai hidup mereka kembali. Tinggal ikutin prosedur PR aja (tersedia di website government mereka), saran
      saya pilih province yang memang daya serap pekerjaannya lebih besar spt B.C, Ontario, Quebec. Kalau di
      bilang mahal ya standard lah, cuma prosesnya mungkin yg agak lama krn pihak Kanada sekarang agak selective
      untuk memberikan PR ke imigran dengan skill khusus.

      3. Kalau mengenai peluang usaha mah besar disana, pemerintahnya malah dukung banget hitung – hitung bantu meningkatkan income daerah, absorsi tenaga kerja, dll.

      Sorry kalau response saya kurang berkenan, semoga bisa membantu.

      Wassalam,
      Reza

       
  4. Mutia Cahyadi

    June 30, 2012 at 9:22 am

    dear mas reza,saya ibu rumah tangga,saya lg proses visa study di canada biaya sendiri,pake agensy,udah bayar uang sekolah,dah dpt receipt nya.di humber college toronto.yang saya pingin tanyakan enakan nge apply visa sendiri di indonesia apa ke agensinya ya ?soalnya agensinya nawarin mau di terusin sendiri atau lewat agensi.terus kalo sendiri gimana caranya ya ?dtg lgsg ke kedutaan atau via post ? tadinya saya mau bareng sama suami tp katanya sih berat,karena finansial support saya cuma C $26.000.jadi agensi saya nyaranin seminggu saya berangkat baru suami ngeapplay visa

     
    • kuliah dan Kehidupan di Kanada

      July 2, 2012 at 3:01 am

      Hi Mbak Mutia,

      Kalau mau gampang sih lewat agency aja, kalau mau sendiri juga bisa koq soalnya visa Kanada ga ribet dan ga sulit. Mba bisa langsung datang ke VFS-Canada office di:
      Canada Visa Application Centre
      PLAZA ASIA, Lt. 22, Zone B
      Jalan Jenderal Sudirman, Kav – 59
      Jakarta – 12190
      Telp: 51401586

      Dokumen yg dibutuhkan:
      1. Mengisi online form (isi dan download di http://www.vfs-ca-id.com/student_visaapplicationform.html)
      2. Mengisi family information form (http://www.vfs-ca-id.com/student_visaapplicationform.html)
      3. Fotokopi Surat nikah, KK, Akta lahir
      4. Surat Penerimaan dari HUMBER
      5. Fotokopi rek. tabungan/deposito
      6. Passfoto berwarna ukuran 3.5×4.5(3 lembar), background putih
      7. Fotokopi bukti booking tiket pesawat

      Kalau saran saya sih ikutin yg disaranin sama Agency mbak mengingat faktor finansial tadi atau kalau memang mau lebih secure tunggu setelah 2 minggu atau 1 bulan setelah mbak di Kanada baru suami mbak menyusul. Either way keputusan ada di Mbak.

      Semoga membantu,
      Reza

       
  5. taufik

    November 26, 2012 at 8:18 am

    salam kenal.mas reza…..sy taufik usia 27 th…sy ingin mencoba BEKERJA sambil BELAJAR di kanada tapi dominan kerjanya walaupun parttime…nah di kanada sendiri kira2 utk hitungan kasarnya kita bisa gak ya membiayai kuliah dan biaya hidup di kanada dari kerja parttime….jika tidak ada jadwal kuliah sy full kerja gt,walau memang utk student jam kerja dibatasi,ya mungkin curi2 waktu dikit…..mohon info nya.

     
  6. Arya Sabiila

    January 3, 2013 at 7:58 pm

    Sangat informatif sekali tulisan anda mas reza. Apa mas reza punya account FB?

     

Leave a comment